Langsung ke konten utama

SELAMAT ULANG TAHUN OKTA!!


Teruntuk adekku, Heber Oktavianus

Hari itu, seperti biasanya, subuh pukul setengah 6 aku sudah terbangun untuk lari pagi bersama bapak, mama dan kakakmu tia. Langit yang masih belum terlalu terang karena matahari baru saja terbit, dan pepohonan yang menghampat rimbun disepanjang jalan by pass memberi asupan udara segar untuk paru-paru. 10 menit kami berlari-lari kecil, saat itu juga mama minta untuk balik duluan, perutnya besarnya yang menampung sesosok anak manusia terasa kurang nyaman. Siapa sangka, itu menjadi pertanda akan bertambahnya anggota keluarga kecil nan damai ini.

Pagi itu, aku pergi sekolah seperti biasa, namun sedikit cemas. Walau rasa cemas tersebut perlahan lenyap seiring senda gurau dan waktu yang kuhabiskan bersama teman masa kecil ku disekolah, sampai siang yang menyapa pertanda haruslah aku pulang.

Siang yang cerah di Senin, 13 Oktober 2003, sesampainya dirumah, statusku berubah menjadi seorang anak pertama dengan 2 adik. Pikiranku lansung melayang, begitu tau dia yang kami tunggu ternyata adalah seorang pria. Aku akhirnya punya seorang adik pria. Dan dia yang dimaksud adalah kau, adekku. Sedikit grogi ketika aku pertama kali akan melihatmu,  sesosok bayi kecil yang  gemuk, ah sungguh senang hati anak berumur 7 tahun ini menyambutmu.

Hari berlalu, sudah 3 tahun kau bersama kami didunia ini. Satu hal yang membuatku sedih sekaligus cemas, saat kutau kau masih belum lancar berbicara, adekku. Mungkin tidak ada yang tau, bahwa ketika usiamu saat ini, aku sering menangis sendirian, saat tak ada seorangpun bersamaku. Saat aku memandangmu yang tidur dengan lelapnya, hatiku hancur saat itu, mengingat cemoohan orang padamu adekku. Sampai aku bersumpah, bahwa kau harus bisa lancar berbicara dek. Dan Tuhan kita mengabulkan hal itu, puji Tuhan semesta alam.

Banyak hal yang kita lalui bersama, kurang lebih 11 tahun kita hidup dalam 1 rumah. Terkadang amarahku pecah kepadamu, tapi terkadang aku sedikit iba melihatmu sebagai anak ke tiga yang jaraknya sangat dekat dengan adek kita, membuatmu hanya sebentar merasakan kasih sebagai seorang anak terakhir, dan harus dibagi dengan 2 kakak mu yang lain. Tapi kau hebat adekku, kau adalah anak yang tangguh, seorang anak kecil yang paling berprinsip, dan aku akui kau lah satu-satunya dari antara kita berempat yang memiliki idealisme paling kuat, dan konsisten, abang bangga dek.

Walau banyak hal yang berbeda dari antara kita, tapi aku sangat menyayangimu. SELAMAT ULANG TAHUN adekku OKTA, maafkan abangmu yang sudah 5 kali melewati hari spesialmu tanpa hadirku disampingmu. Tetap menjadi pribadi yang kuat, pribadi bertanggung jawab dan pribadi yang penuh kasih sayang. Dek, kejarlah mimpimu yang sederhana itu, yang jauh dari mimpi kami saudara-saudaramu yang lain. Biar sekitar tertawa, tapi tetaplah berdiri teguh, buat kami bangga dengan jalan hiidupmu dek. Jaga orangtua kita, karena kaulah anak tertua yang masih hidup dengan mereka. Lindungi adek kita, karena hanya kau yang masih bisa lansung bersamanya. Doaku selalu bersamamu, Doakan kami juga kakak dan abangmu yang berjuang untuk mimpi kami dan mimpi kedua orang tua kita, atau juga bahkan harapanmu pada kami, biar Tuhan menyertai setiap perjuangan kami, sampai kita bisa bersama diwaktu kelak, untuk tersenyum bangga sebagai satu keluarga.
Rinduku yang memelukmu, Selamat Ulang Tahun adekku sayang..


Abangmu


Bandung, diujung hari 13 Oktober 2018



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Passing Grade SBMPTN 2015

Passing Grade SBMPTN 2015 yan g saya tampilkan disini adalah passing grade  terbaru berdasarkan prediksi dari beberapa bimbel. Passing Grade SBMP TN hanyalah gambaran kemampuan minimal yang harus kalian tempuh untuk masuk pada jurusan yang kalian min ati, perlu kita ketahui bahwa kelulusan SBMPTN bukan berdasarkan passing grade, melainkan berdasarkan daya saing  pada jurusan yang kalian minati terhadap daya tampung yang PTN tawarkan pada jurusan yang kalian minati. jadi  batas n ilai kelulusan nanti bisa lebih rendah  atau bisa lebih tinggi dari passing grade yang diprediksikan oleh GO.   yo mari sebelum memilih jurusan, alangkah baiknya kita mempertimbangkan passing grade ini, agar nanti tidak terjadi  pesta air mata Program SAINTEK (IPA) ITB STEI ITB      62,50 % FTI ITB       60,57% FTTM ITB  60,67% SF ITB        56,03% FTMD ITB  55,73% SAPPK ITB 52,60% FTSL ITB    50,73% FITB ITB     50,07% FMIPA ITB  45,93% SITH-R ITB 42,43% SITH-S ITB 39,27%   UI Pendidik

Aku, pribadiku

Aku adalah siapa Aku Menilik kata tersebut mungkin sedikit membingungkan bukan? Ya, di tulisan kali ini aku akan sedikit menumpahkan apa yang ada dipikiranku mengenai kepribadian. Kita semua tentu memiliki masing-masing kepribadian yang berdampak pada apa yang kita lakukan, pikirkan dan itu semua berhilir pada bagaimana posisi kita dalam konteks sosial dimana kita berada, atau bahkan menjadi alasan bahwa kita berada di posisi saat ini.  sebuah kepribadian umumnya terbentuk dari tempaan yang tersistematis, dimulai dari kita lahir, dibesarkan, tumbuh menjadi pribadi yang otonom, kemudian benar-benar hidup sebagai sebuah pribadi utuh yang punya dampak dan peran bagi sekitarnya, ya setidaknya begitulah? tapi apakah benar seperti itu?? sejujurnya aku sendiri tidak punya teori yang menjamin bahwa ketika aku mengiyakan itu, aku tidak berada di posisi yang salah. untuk itu mungkin aku memiliki teori sendiri atau mungkin lebih mengarah ke opini pribadi, dimana posisi ku sebagai seo

Nilai Nasional SBMPTN

Selamat Siang.. Di tengah kesibukan saya kuliah (sebenarnya ga sibuk-sibuk banget sih), saya menyempatkan untuk mengepost satu posting yang fenomenal :D. Insya Allah bermanfaat bagi yang mau masuk PTN tahun depan. Bagaimana standar Nilai Nasional dan Passing Grade dalam SBMPTN dan berapa soal yang harus dijawab dalam setiap mata pelajaran? Untuk passing grade, saya berpatokan kepada Blognya Om Jero, bisa diliat pada postingan setelah ini ya:) . Soal yang harus dijawab disini adalah nilai kasar saja, artinya saya ambil yang paling kecil. Untuk benar dan salah, komposisinya bisa saja berbeda * .  Ingat, dalam SBMPTN setiap menjawab benar akan mendapat +4, tidak dijawab 0, dan kalau salah -1. Oke untuk jurusan pertama, kita ambil FK UI. FK UI tertulis Passing Gradenya 62,57% Berapa point yang harus didapat dan soal yang harus dijawab? TPA: 215 (Benar: 56 Salah: 1) Matdas: 35 (Benar: 9 Salah: 1) Bahasa Indonesia: 31 (Benar: 8 Salah: 1) Bahasa Inggris: 30 (Benar: 8 Sala