Langsung ke konten utama

Selamat datang 2021, Selamat tinggal 2020



Halo 2021 !!!

Akhirnya tahun berganti, 2020 yang penuh dengan hal-hal tak terduga bagiku, dan pun bagi hampir seluruh populasi dunia ini akhirnya terlalui. Banyak hal yang membuat duka ditahun itu, namun berkat Tuhan pun tak kalah banyak untuk tetap membuat kita tersenyum.

Diawali dengan bisa membuka awal tahun 2020 bersama keluargaku tercinta di kampung halaman Bapakku. Sangat jarang kami bisa berkumpul diluar rumah (dalam hal ini mudik ke kampung Bapak/Mamak) dalam waktu yang cukup lama. Sungguh bahagia rasanya, setidaknya bagiku pribadi terlebih setelah perjuanganku mencari pekerjaan sekitar setengah tahun setelah aku lulus dari bangku kuliah masih belum menghasilkan apa-apa. Tapi tak apa, waktu diawal tahun ini sangat bahagia bagiku, mampu mengalihkan pikirku yang berlebihan tentang itu.

Kemudian waktu bergulir, mulai kuarungi tanggal-tanggal diawal tahun 2020 dengan penuh harap. Pertengahan Januari aku kembali ke Bandung, kota dimana aku berdomisili dalam 4,5 tahun terakhir. Tujuanku satu, untuk memenuhi undangan medical check up salah satu perusahaan yang aku ikuti seleksinya. Puji Tuhan, setelah beberapa tes dan interview akhirnya aku dipanggil untuk mengikuti tahap terakhir ini. Sedikit trauma mengenai medical check up, karena 2 kali percobaan sebelumnya aku ditolak oleh 2 perusahaan yang berbeda pada tahapan ini, padahal salah satunya adalah perusahaan bidang energi yang menjadi target utama ku untuk berkarir semenjak semester 7.

Tepat setelah aku menyelesaikan tahapan medical check up, aku mendapat panggilan tes lainnya dari perusahaan lain, kali ini perusahaan BUMN. Aku tau betul mengenai harapan orang tuaku (terutama Bapakku) mengenai perusahaan yang dia harapkan untuk anaknya bisa bekerja, BUMN. Iseng akupun mengikuti tahapan testnya, meskipun tak berharap banyak karena aku sendiri sedang fokus pada perusahaan dimana aku baru menyelesaikan medical check up barusan.

Memang, jalan Tuhan gak ada yang tau. Keisengan awalku untuk mengikuti test berakhir sampai tahap akhir, medical check up. Bahkan tanpa aku duga, pengumuman akhir perusahaan kedua ini malah lebih dulu dari perusahaan yang aku ikuti MCU nya lebih awal itu. 30 Januari 2020, pukul 8 pagi resmi aku menerima email undangan penandatangan offering letter. Mengejutkannya sejam kemudian, aku menerima offering letter dari perusahaan awal tadi. Namun, seminggu sebelumnya aku sebenarnya juga menerima undangan interview akhir di sebuah perusahaan kontraktor migas.

Aku akhirnya memilih perusahaan kedua, yang paling awal memberikan offering letter kepadaku. Dan sampai tulisan ini kuketik, aku masih di perusahaan tersebut, sedang berusaha ditahap akhir program sebelum pengangkatan. Kalau dipikir-pikir banyak pergumulanku mengenai pekerjaan ini, mulai dari bidang kerja yang sama sekali tidak terkait dengan keilmuanku, lingkungan kerja baru yang cukup beberbeda dari yang ada dibayanganku, hingga pendapatan yang sejujurnya dibawah targetku ketika bermimpi dulu waktu masih kuliah hehe. Tapi aku masih tetap berusaha, meyakini bahwa Tuhan menempatkanku disini, mengarahkanku untuk memilih perusahaan ini, dan memilihkan waktu untuk ku memulai, adalah bukan asal-asalan, ada rencana Tuhan bagiku, melaluiku untuk hal ini.


Berbicara dengan berkat Tuhan lain yang kurasakan di tahun 2020, selain pekerjaan adalah waktu. Ya waktu, aku bersyukut kepada Tuhan dimana tahun 2020 aku diberi waktu yang cukup banyak untuk bisa bersama keluargaku. Awal tahun, masa PSBB pandemi hingga akhir tahun, total mungkin aku mendapat 5 bulan kesempatan berkumpul bersama keluargaku. Waktu yang sangat panjang bagiku yang seorang anak rantau. Bahkan setelah aku ingat-ingat, ini adalah waktu terpanjangku untuk berkumpul bersama Bapak, Mamak dan Adek2ku semenjak aku meninggalkan rumah untuk kuliah di pertengahan tahun 2014.

Banyak hal yang kurenungi dan kusadari ketika waktu-waktu panjang bersama keluarga ini. Ternyata adek-adekku sudah tumbuh bukan lagi menjadi anak-anak lucu seperti ketika aku tinggalkan berangkat kuliah dulu. Pun begitu dengan Bapak Mamakku, tidak muda dan kuat seperti dulu lagi. Umur mereka sudah bertambah, sudah kepala 5, bahkan Bapakku beberapa tahun lagi akan pensiun. Aku semakin tersadar untuk semakin banyak memohon ke Tuhan agar mereka selalu diberkati kesehatan dan umur yang panjang. Pun untukku, agar bisa memberi kebanggaan kecil yang bisa menjadi bagian dari kebahagian yang mungkin menjadi harapan tersisa mereka. Sedih, tapi inilah hidup yang terus berjalan, seakan kita memang berkejaran dengan waktu, apalagi bagi mereka yang ditakdirkan menjadi anak rantau sepertiku. Tetap semangat kita semua, semoga kita bisa memilih pilihan yang tepat untuk hidup kita.

Sekarang tanggal 6 Januari 2021, sudah 6 hari tahun 2021 ini berjalan. Harapku semoga tahun ini jauh lebih baik dari tahun 2020, terlebih aku berharap untuk bisa mendapatkan waktu-waktu yang berharga lagi bersama dengan Bapakku, Mamakku, dan ketiga Adekku (Panjang umur kita semua)
. Semoga juga kerjaan bisa berjalan lancar, sampai pada waktunya nanti aku bisa memilih jalan ku kedepannya.

Selamat datang 2021, Selamat tinggal 2020.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Passing Grade SBMPTN 2015

Passing Grade SBMPTN 2015 yan g saya tampilkan disini adalah passing grade  terbaru berdasarkan prediksi dari beberapa bimbel. Passing Grade SBMP TN hanyalah gambaran kemampuan minimal yang harus kalian tempuh untuk masuk pada jurusan yang kalian min ati, perlu kita ketahui bahwa kelulusan SBMPTN bukan berdasarkan passing grade, melainkan berdasarkan daya saing  pada jurusan yang kalian minati terhadap daya tampung yang PTN tawarkan pada jurusan yang kalian minati. jadi  batas n ilai kelulusan nanti bisa lebih rendah  atau bisa lebih tinggi dari passing grade yang diprediksikan oleh GO.   yo mari sebelum memilih jurusan, alangkah baiknya kita mempertimbangkan passing grade ini, agar nanti tidak terjadi  pesta air mata Program SAINTEK (IPA) ITB STEI ITB      62,50 % FTI ITB       60,57% FTTM ITB  60,67% SF ITB        56,03% FTMD ITB  55,73% SAPPK ITB 52,60% FTSL ITB    50,73% FITB ITB     50,07% FMIPA ITB  45,93% SITH-R ITB 42,43% SITH-S ITB 39,27%   UI Pendidik

Aku, pribadiku

Aku adalah siapa Aku Menilik kata tersebut mungkin sedikit membingungkan bukan? Ya, di tulisan kali ini aku akan sedikit menumpahkan apa yang ada dipikiranku mengenai kepribadian. Kita semua tentu memiliki masing-masing kepribadian yang berdampak pada apa yang kita lakukan, pikirkan dan itu semua berhilir pada bagaimana posisi kita dalam konteks sosial dimana kita berada, atau bahkan menjadi alasan bahwa kita berada di posisi saat ini.  sebuah kepribadian umumnya terbentuk dari tempaan yang tersistematis, dimulai dari kita lahir, dibesarkan, tumbuh menjadi pribadi yang otonom, kemudian benar-benar hidup sebagai sebuah pribadi utuh yang punya dampak dan peran bagi sekitarnya, ya setidaknya begitulah? tapi apakah benar seperti itu?? sejujurnya aku sendiri tidak punya teori yang menjamin bahwa ketika aku mengiyakan itu, aku tidak berada di posisi yang salah. untuk itu mungkin aku memiliki teori sendiri atau mungkin lebih mengarah ke opini pribadi, dimana posisi ku sebagai seo

Nilai Nasional SBMPTN

Selamat Siang.. Di tengah kesibukan saya kuliah (sebenarnya ga sibuk-sibuk banget sih), saya menyempatkan untuk mengepost satu posting yang fenomenal :D. Insya Allah bermanfaat bagi yang mau masuk PTN tahun depan. Bagaimana standar Nilai Nasional dan Passing Grade dalam SBMPTN dan berapa soal yang harus dijawab dalam setiap mata pelajaran? Untuk passing grade, saya berpatokan kepada Blognya Om Jero, bisa diliat pada postingan setelah ini ya:) . Soal yang harus dijawab disini adalah nilai kasar saja, artinya saya ambil yang paling kecil. Untuk benar dan salah, komposisinya bisa saja berbeda * .  Ingat, dalam SBMPTN setiap menjawab benar akan mendapat +4, tidak dijawab 0, dan kalau salah -1. Oke untuk jurusan pertama, kita ambil FK UI. FK UI tertulis Passing Gradenya 62,57% Berapa point yang harus didapat dan soal yang harus dijawab? TPA: 215 (Benar: 56 Salah: 1) Matdas: 35 (Benar: 9 Salah: 1) Bahasa Indonesia: 31 (Benar: 8 Salah: 1) Bahasa Inggris: 30 (Benar: 8 Sala